Sabtu, 24 Desember 2011

Menyelam ke Karimun Jawa Yuk!

Karimunjawa yang berarti samar-samar atau kabur dalam bahasa jawa terletak jauh di luar Pulau Jawa. Seperti kebanyakan taman nasional laut di Indonesia. Karimunjawa merupakan surga bagi para penyelam. Airnya yang bening dan jernih mampu memperlihatkan keindahan pemandangan beragam ikan dan karang kepada pengunjung.

Sejak tahun 2001, karimunjawa secara resmi menjadi Taman Nasional Karimunjawa. Taman nasional yang terdiri dari gugusan 27 buah pulau kecil dan 5 buah pulau yang sudah berpenduduk.


Beberapa pulau yang sering dikunjungi adalah Pulau Menjangan Besar dengan penangkaran hiunya, Pulau Menjangan Kecil dengan beragam ikan kecil berwarna-warni, Pulau Cemara Kecil dan Pulau Cemara Besar, serta Pulau Tanjung Gelam.

Kepulauan yang terletak 230 km utara Yogyakarta ini merupakan Taman Laut Nasional di Indonesia dengan luas total 111.625 ha, 98% dari kawasan tersebut merupakan wilayah perairan, sisanya wilayah daratan.

Keindahan karimunjawa bukan hanya terletak di alamnya, namun dapat dilihat dari keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya seperti 69 marga karang keras, 353 spesies ikan karang, dan 300 ha hutan mangrove.

Beberapa satwa langka seperti penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu hijau (Chelonia mydas), dan elang laut perut putih (Haliaetus leucogaster). Tumbuhan yang menjadi ciri khas karimunjawa adalah dewodaru (Crystocalyx macrophyla).

Jenis terumbu karang yang terdapat di karimunjawa adalah terumbu karang pantai/tepi (fringing reef), terumbu karang penghalang (barrier reef),d an beberapa taka (patch reef). Dua jenis biota yang dilindungi adalah akar bahar/karang hitam (Antiphates spp.) dan karang merah (Tubipora musica).

Biota laut seperti kepala kambing (Cassis cornuta), triton terompet (Charonia tritonis), nautilus berongga (Nautilus pompilius), batu laga (Turbo marmoratus), dan 6 jenis kima. Sedangkan untuk satwa darat yang ada di kepulauan ini adalah rusa (Cervus timorensis subspec), kera ekor panjang (Macaca fascicularis karimondjawae, dan 40 jenis burung.

Sumber: kumpulan.info, dephut.go.id, karimunjawa.yogyes.com

Sumber :
http://matoa.org/menyelam-ke-karimun-jawa-yuk/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar